Penyebab Sakit Darah Rendah

Penyakit tekanan darah rendah atau mereka yang memiliki tekanan darah rendah pastinya sering mengalami gejala yang tidak menyenangkan seperti kepala sering pusing, terkadang mata berkunang-kunang, penurunan konsentrasi kerja sehingga membuat pikiran menjadi tidak fokus, bahkan beberapa diantara penderita tekanan darah rendah ini sampai menyebabkan pingsan.

Gejala yang disebutkan diatas disebabkan oleh pasokan atau penyebaran darah ke seluruh jaringan tubuh tidak sempurna dan optimal atau jumlah darah tidak mencukupi kebutuhan tubuh akan darah dan oksigen yang cukup, sehingga melemahkan beberapa bagian organ tubuh dan membuat organ tubuh tidak mampu bekerja dengan baik. Hal ini biasanya terjadi pada darah yang tidak mengalir cukup pada jaringan otak, sel-sel otak yang tidak menerima pasokan oksigen dan darah secara utuh.

Ketika darah yang berada dalam tubuh mengalami tekanan darah yang tidak mampu menyampaaikan darah ke arteri-arteri koroner (arteri-arteri yang menyediakan darah ke otot jantung), seseorang akan mengalami rasa nyeri pada bagian otot dada yang merupakan suatu gejala dari angina atau bahkan bisa disebut sebagai gejala dari serangan jantung ringan. Hal ini disebabkan tekanan darah yang menekan aliran darah sehingga aliran darah menjadi terhambat, kemudian saat bernafas seseorang mengembangkan otot jantung atau otot dada yang kemudian menimbulkan rasa nyeri.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa terjadinya penurunan tensi darah, hal ini dapat dikategorikan sebagai berikut :

1. Kurangnya pemompaan darah dari jantung

Kelainan jantung, penyakit jantung, kerusakan atau kelainan fungsi otot jantung, penyakit katup jantung mengakibatkan irama jantung abnormal maka berdampak pada berkurangnya pemompaan darah (curah jantung) keseluruh organ tubuh, sebaliknya semakin banyak darah yang dipompa dari jantung setiap menitnya (cardiac output, curah jantung), semakin tinggi tekanan darah.

2. Volume (jumlah) darah berkurang

Hal ini dapat disebabkan oleh perdarahan yang hebat (luka sobek, haid berlebihan/abnormal), diare yang tak cepat teratasi, keringat berlebihan.

3. Kapasitas pembuluh darah

Pelebaran pembuluh darah (dilatasi) menyebabkan menurunnya tekanan darah, hal ini biasanya sebagai dampak dari syok septic, pemaparan oleh panas, diare, obat-obat vasodilator (nitrat, penghambat kalsium, penghambat ACE).

4. Pola makan buruk

Pola makan buruk akan membuat tubuh kekurangan nutrisi, sehingga aliran darah melambat.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Darah Rendah Untuk Mengatasi dan Mengobati Penyakit Darah Rendah Serta Menormalkan Tensi Darah, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Darah Rendah, Gejala Darah Rendah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>