Gejala Penyakit Tekanan Darah Rendah

Gejala Penyakit Tekanan Darah Rendah – Hipotensi atau gejala pennyakit tekanan darah rendah adalah suatu kejadian yang terjadi dimana tekanan darah cukup rendah dar 90/60 mmHg atau tekanan darah cukup rendah sehingga menyebabkan gejala seperti pusing kepala dan pingsan.

darah-rendah-dan-gejalanya

Gejala Penyakit Tekanan Darah Rendah

Mempertahankan tekanan pada saat darah meninggalkan jantung dan berdebar ke saluran tubuh yang sangat penting. Tekanana darah yang cukup tinggi akan menghantarkan oksigen dan zat makanan ke seluruh tubuh dan membuang limbah yang di hasilkan. Jika tekanan terlalu tinggi, bisa merobek pembuluh darah dan bisa menyebabkan perdarahan di dalam otak (Stroke Hemoragik) atau komplikasi lainnya.  Jika tekanan darah terlalu rendah, maka darah tidak dapat memberikan oksigen dan zat makanan yang cukup untuk sel dan tidak dapat membuang limbah yang dihasilkan sebagaimana mestinya.

Gejala Penyakit Tekanan Darah Rendah

Suatu kondisi dimana darah yang tidak normal menimbulkan sesuatu yang tidak nyaman pada tubuh, begitu juga dengan tekanan darah rendah ini. Jika seseorang memiliki tekanan darah rendah bisanya mengalami gejala seperti :

  • Merasakan sering pusing kepala
  • Rasa haus
  • Depresi dan stress
  • Penglihatan kabur
  • Kurangnya berkonsentrasi
  • Kulit pucat, berkeringat, dingin
  • Mudah kelelahan bahkan sampai pingsan (sinkop)

Banyak kasus tekanan darah rendah bukanlah suatu hal yang serius. Anda memiliki tekanan darah yang konsisten rendah tetapi merasa baik saja, dokter juga kemungkinan akan memantau selama pemeriksaan rutin. Bahkan sering kali merasa pusing yang ringan dan dapat menjadi masalah yang relatif kecil yang biasanya dikarenakan dehidrasi ringan akibat terlalu lama dibawah sinar matahari atau terlalu banyak keringan yang menjadi gejala penyakit tekanan darah rendah. Terkadang penting untuk pergi ke dokter jika anda mengalami tanda atau gejala darah rendah yang sebelumnya belum pernah mengalami gejala darah rendah yang terjadi tiba-tiba, dan dapat menunjukkan masalah yang lebih serius.

Penyebab Tekanan Darah Rendah

Sebenarnya tekanan darah bisa berubah sepanjang harinya tergantung kepada kegiatan yang sedang dilakukan dan hal ini dianggap normal. Ada banyak faktor yang mneyebabkan gejala tekanan darah rendah seperti faktor usia, pengobatan, dan kondisi cuaca.

Cuaca udara yang lebih panas bisa membuat tekanan darah menurun. Orang yang sedang relaks atau rajin berolahraga juga umumnya mempunyai tekanan darah yang lebih rendah. Selain itu juga bisa saja makan, tekanan darah rendahjuga bisa  menurun karena banyak  darah yang akan mengalir menuju ke saluran pencernaan untuk mencernakan dan menyerap makanan. Tekanan darah pada siang dan malam hari pun berbeda. biasanya pada siang hari tekanan darah akan meningkatkan dan pada malam hari akan lebih rendah.

  1. Penyakit Jantung

Penyakit parah seperti penyakit jantung yang menyebabkan gejala penyakit tekanan darah rendah dan kerana darah tidak bisa di pompa baik oleh jantung ke seluruh tubuh. Akibatnya tekanan darah tersebut pun cenderung menurun.

  1. Ketidak Keseimbangan Hormon

Penyakit seperti diabetes atau penyakit  Addison yang bisa menyebabkan gangguan produksi hormon. Hal tersebut bisa berdampak pada keseimbangan kadar air dan mineral tubuh serta tekanan darah.

  1. Anemia

Jumlah sel darah merah yang berada di bawah normal atau yang disebut dengan anemia. Salah satu gejala anemia adalah tekanan darah rendah.

  1. Efek Samping Pengobatan

Ada beberapa obat yang bisa menurunkan tekanan darah, seperti obat antidepresidan obat anti Hipertensi.

  1. Hipotensi Ortostatik

Gejala hipotensi ortostatik biasanya akan muncul pada saat anda berubah posisi secara tiba-tiba. Seseorang dengan hipotensi ortostatik mengalami penurunan tekanan darah sistolik sebanyak 20-30 mmHg ketika berdiri dari posisi dudukatau berbaring.

  1. Dehidrasi

Dehidrasi terjadi akibat tubuh kekurangan cairan dan bisa disebabkan oleh kurang minum, puasa atau diare.

Jenis Makanan untuk Menambah Darah untuk Penderita Darah Rendah

  1. Kacang-kacangan

Secara umum semua jenis kacang yang memiliki manfaat untuk menambah dan meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh. Ada jenis kacang tersebut kacang almond adalah yang paling bagus untuk dikonsumsi guna menambah tekanan darah dalam tubuh.  Dibandingkan dengan jenis lainnya kacang almond terbukti memiliki efek paling cepat dalam mengatasi darah rendah.

  1. Roti Gandum dan Sereal

Jenis makan yang berbahan dasar gandum juga memiliki khasiat dan manfaat untuk menambah darah. Makanan yang dibuat dengan bahan dasar gandum sangat baik untuk meningkatkan kadar darah merah dalam tubuh. Oleh karena itu bagi penderita dara rendah sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan berbahan dasar gandum, seperti roti gandum dan sereal.

  1. Daging yang berwarna merah

Daging sapi yang sangat baik untuk makanan penambah darah karena mengandung protein dan zat besi. Daging sapi yang bagus untuk menambah darah adalah yang tanpa lemak. Bagi anda penderita gejala penyakit tekanan darah rendah , disarankan secara rutin mengkonsumsi daging sapi untuk menambah tekanan darah dalam tubuh.

Tips dalam Tekanan Darah Rendah

Seiring dengan melakukan pengobatan alami untuk mengatasi gejala penyakit tekanan darah rendah, sebaiknya dnegan melakukan banyak olah raga yang ringan secara teratur untuk membantu meningkatkan aliran darah. Namun hindari melakukan olah raga berat atau angkat berat, termasuk melakukan aktivitas fisik yang berat. Konsultasi pada dokter  jika anda menggunakan obat tertentu. Dan untuk mengetahui obat resep yang anda minum yang menyebabkan masalah hipotensi.

Gejala Penyakit Tekanan Darah Rendah


=====================================

>>> Kapsul Herbal Darah Rendah Untuk Mengatasi dan Mengobati Penyakit Darah Rendah Serta Menormalkan Tensi Darah, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Darah Rendah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *